Menu

Outbound Ciwidey

April 10, 2020 | Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

CIWIDEY.NET – Outbound Ciwidey adalah kegiatan diluar tepatnya di daerah Ciwidey, salah satunya di Kampung Cai Rancaupas sebagai area untuk kegiatan Outbound Ciwidey, more informasi mengenai Outbound Ciwidey call 081323739973.

Outbound atau outward bound pada dasarnya adalah istilah untuk pelatihan outdoor yang menggunakan metoda experential learning (belajar dari praktek / pengalaman). Pelatihan outbound sendiri ada yang bersifat low impact dan ada yang bersifat high impact. Perbedaan kategori ini dimaksudkan untuk membedakan cara penanganannya. Outbound high impact tentu saja butuh penanganan team ahli di bidangnya mengingat berkaitan dengan keamanan dan keselamatan peserta outbound.

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Outbound Ciwidey

Sejarah Outbound
Mungkin banyak di antara kita yang bertanya – tanya Sejarah Outbound mengingat akhir – akhir ini, kita seringkali mendengar istilah outbound, team building, rafting, paintball, character building, dan sebagainya. Padahal di jaman dahulu, paling kita hanya mengenal istilah jalan-jalan, tour, gathering, atau untuk anak sekolah ada kegiatan study tour. Sebenarnya, outbound itu makhluk apa atau kegiatan yang bagaimana?

Sebenarnya, cikal bakal aktivitias outbound sudah ada jauh sebelum industri modern melanda eropa. Tepatnya pada tahun 1821. Adalah Round Hill School yang mengadakan pelatihan di alam terbuka sebagai bagian dari personal development (pengembangan diri) dan team develompemnt (pengembangan tim). Namun saat itu belum dikenal istilah outbound.

Istilah Outbound pada mulanya dikenalkan oleh Dr. Kurt Hahn, seorang ilmuwan asal Jerman pada tahun 1941. Outbound sendiri adalah kependekan dari istilah Outward Bound, yang berasal dari kata out of boundaries, yakni untuk menandakan saat sebuah kapal keluar dari dermaga. Sampai sini Anda mungkin bingung, apa hubungannya kapal yang keluar dari dermaga dengan kegiatan outbound?

Pada tahun 1933, Dr. Kurt Hahn melarikan diri dari Jerman karena berseberangan politik dengan Hitler yang berkuasa di Jerman saat itu. Pelariannya ini dibantu oleh pengusaha kapal bernama Lawrence Holt.

Selanjutnya, pada tahun 1941 Dr. Kurt Hahn mendirikan sekolah outward bound tepatnya di Aberdovey, Wales. Sekolah atau pelatihan yang ia ciptakan ini bertujuan untuk melatih fisik dan mental para pelaut muda guna menghadapi ganasnya pelayaran di lautan Atlantik pada masa itu, dikarenakan Inggris ikut terlibat dalam Perang Dunia II. Inilah kaitannya kegiatan outward bound atau outbound dengan dunia perkapalan/kelautan.

Kegiatan outbound pada awalnya ini memakai kegiatan mendaki gunung dan petualangan di laut sebagai media pelatihannya. Dr. Kurt Hahn menganggap bahwa kegiatan berpetualang bukan merupakan kegiatan main-main melainkan sebagai wahana berlatih anak-anak muda untuk ajang menuju kedewasaan.

Dengan menggunakan metode, media dan pendekatan yang dilakukan oleh sekolah Outward Bound, banyak ahli pendidikan yang mengklasifikasikan bentuk pelatihan yang diajarkan Dr. Hahn sebagai adventure education atau Experiental Learning (EL). Setelah berakhirnya Perang Dunia II, metode pelatihan ini berkembang pesat dan mulai ditiru di banyak tempat bahkan sampai keluar wilayah Eropa.

Outbound masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990 dengan nama Outward Bound Indonesia. Dan di masa kini kegiatan outbound tidak hanya diterapkan untuk kalangan pelaut dan militer saja, namun juga telah meluas lagi ke berbagai kalangan, baik perusahaan, profesional, LSM, lembaga pendidikan, dan lainnya.

Perkembangan outbound begitu pesat. Tak heran, muncul beragam permainan dan istilah-istilah lain seperti outing, gathering, team building, dan lain sebagainya. Kegiatannya sendiri ada yang bersifat low impact seperti permainan team building, ada pula yang bersifat high impact seperti rafting (arung jeram), paintball, high rope, flying fox dan lain sebagainya.

Incoming search terms:

  • sejarah outbound
  • apa arti dr kata upgreeding dan out bound
  • apa arti dr kata upgrading dan outbound
  • istilah dalam outbond
  • outbound masa kini
  • sejarah out bon
  • sejarah outbond
  • sejarah outbound di indonesia

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung. Nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, yakni kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Kecamatan ini terletak di selatan Kota Bandung, berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur Selatan.

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan. Ciwidey dikenal sebagai daerah tujuan wisata, dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan. Salah satu tujuan wisata yang terdapat di Ciwidey adalah Kawah Putih. Kelurahan/desa di Ciwidey : Ciwidey, Lebakmuncang, Nengkelan, Panundaan, Panyocokan, Rawabogo, Sukawening, Tenjolaya, Kaum Kidul, Sukasari, Cihanjawar. Penginapan dan hotel untuk mendukung wisata Ciwidey sudah cukup memadai.

7 Pesona Memikat Tempat Wisata Ciwidey Bandung – Pesona wisata Ciwidey Bandung terlukis dalam tujuh tempat wisata di Ciwidey Bandung sebagai berikut ini:

  1. Situ Patenggang atau Situ Patengan

Inilah salah satu keindahan alam danau di Perkebunan Rancabali.  Dari kota Bandung, perjalanan ke Situ Patenggang berjarak sekitar 47 km ke arah selatan Bandung. Di tempat wisata Ciwidey Bandung yang satu ini, Anda dapat menikmati suasana sejuk sambil berkeliling danau dengan perahu. Anda dapat menyewa perahu yang biayanya berkisar dari Rp 300 ribu hingga 500 ribu, tergantung ukuran dan kapasitas perahu yang Anda pilih.

Cara yang paling lazim menikmati danau ini adalah dengan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Situ Patenggang adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang favorit di Bandung.

Untuk dapat masuk ke kawasan taman wisata alam Situ Patenggang, Anda harus membayar tiket masuk Situ Patenggang sebesar Rp 18.000,- per orang weekday, Rp.20.500,- per orang weekend mulai usia 5 tahun ke atas. Itu belum termasuk parkir kendaraan. Untuk tarif masuk mobil minibus adalah sebesar Rp 11 ribu, tarif masuk mobil bus adalah Rp 22 ribu.

  1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih terletak di Rancabali, berjarak sekitar 44 km dari Kota Bandung. Anda akan menjumpai panorama alam yang memikat, air danau berwarna putih kehijauan terlihat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di sebelah utara danau, berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. Tempat wisata Kawah Putih adalah salah satu yang favorit di Ciwidey, banyak wisatawan ingin menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Menurut cerita rakyat yang hidup hingga kini, Kawah Putih adalah tempat berkumpulnya roh para leluhur. Di Kawah putih, terdapat makam para leluhur, di antaranya Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru.

Di tempat inilah masyarakat lokal sesekali melihat secara gaib sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata di Ciwidey Bandung ini, Anda harus membayar tiket masuk Kawah Putih sebesar Rp 18 ribu per orang ditambah ontang-anting kendaraan di Kawah Putih dari parker bawah pulang-pergi sampai ke pusat Kawah Putih. Jika Anda membawa kendaraan roda empat, akan dikenai tarif parkir bawah sebesar Rp 6 ribu per mobil, untuk bis Rp.25.000,- per orang.

  1. Perkebunan Rancabali Ciwidey

Di Perkebunan Rancabali, Anda akan mendapati panorama perkebunan teh yang memikat hati. Jika Anda ingin mengunjungi pabrik teh yang ada di sini, tersedia paket wisata kunjungan pabrik dengan biaya hanya Rp 15.000 per orang. Jika ingin menggunakan jasa pemandu wisata, dikenai biaya tambahan sebesar Rp 30 ribu untuk biaya pemandu.

Dalam kunjungan ke pabrik ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Untuk dapat sampai di lokasi perkebunan ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi dari kota Bandung.

  1. Kebun Stroberi di Desa Alam Endah Ciwidey

Di Kebun Stroberi, Anda akan menikmati hamparan kebun stroberi dan bahkan dapat memetik langsung buah-buah stroberi. Cara paling menarik menikmati wisata di tempat ini adalah dengan berjalan-jalan merasakan kesejukan alam di kebun-kebun stroberi yang terbentang luas.

Ingin mencicipi buah stroberi? Di tempat wisata Ciwidey Bandung yang satu ini, Anda dapat langsung menyantap buah stroberi yang dipetik sendiri dari dahan-dahan tanaman. Jika Anda suka, Anda dapat mengetahui cara menanam pohon stroberi di tempat ini.

  1. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu adalah salah satu kolam pemandian air panas di Ciwidey, berada pada ketinggian sekitar 2.100 m dpl.

Areal pemandian air panas ini berada di sekitar hamparan perkebunan teh yang luas.

Untuk dapat sampai di pemandian air panas Cimanggu, Anda hanya perlu menempuh perjalanan dari kota Bandung sejauh 45 km. Dari Bandung, Anda dapat mengambil jalur Ciwidey Pangalengan.

  1. Pemandian Air Panas Walini

Pemandian Air Panas Walini adalah salah satu kolam air panas di Ciwidey selain air panas Cimanggu. Pemandian air panas Walini menggunakan air yang bersumber dari air panas alam. Di tempat ini, tersedia kolam renang air panas, tiket masuk Rp.20.000,- per orang, minibus parker 5.000,- dan untuk bis Rp.20.000,- parkirnya.

Areal pemandian air panas Walini dikelilingi oleh perkebunan teh, memberikan Anda hawa sejuk yang begitu menyegarkan. Untuk dapat sampai ke tempat wisata Ciwidey Bandung yang satu ini, Anda hanya perlu pergi ke perkebunan Kebun Teh Walini, dan akan menemukan kolam pemandian air panas. Lokasinya tidak jauh dari Situ Patenggang.

  1. Bumi Perkemahan Kampung Cai – Ranca Upas

Tempat wisata Ciwidey yang satu ini terletak tidak jauh dari objek wisata Kawah Putih, berada di desa Alam Endah, Kec. Ciwidey. Jika Anda berangkat dari Pangalengan, hanya perlu menempuh perjalanan berjarak sekitar 15 km. Sementara dari Bandung ke Bumi Perkemahan Kampung Cai – Ranca Upas berjarak sekitar 56 km.

Jika ingin berwisata di Kampung Cai – Ranca Upas, Anda harus membayar tiket masuk Bumi Perkemahan Kampung Cai – Ranca Upas sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan roda empat, dikenai biaya tambahan sebesar Rp 5 ribu, untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 3 ribu.

Bumi Perkemahan Kampung Cai – Ranca Upas selalu ramai akan kunjungan wisatawan, terlebih di saat weekend dan hari libur. Tempat ini adalah salah satu wisata alam Bandung yang favorit. Di sana, juga terdapat warung-warung makanan. Jika ingin berkemah, Anda dapat menyewa peralatan berkemah yang tersedia. Di tempat ini juga terdapat penangkaran hewan rusa. Anda dapat melihat kawanan rusa sembari berkemah di tempat wisata yang sejuk nan segar.

Itulah 7 pesona memikat di daerah Ciwidey Bandung Selatan, jika masih ada pertanyaan, kritik, saran, atau apapun mengenai informasi ini atau isi site ini hubungi kami CV.Family Ciwidey di hp 081323739973, bbm 597BACEE, telepon office 022-85920070, terima kasih sekali lagi sudah membaca informasi ini yang berjudul : Outbound Ciwidey.

Related For Outbound Ciwidey